2018 02 23 / rumah A+D dalam PROPOSITION

 

 

 

Tahun 2018 ini, Indonesian Architect Convention dilaksanakan di Surabaya dari tanggal 22 – 25 Februari 2018. Gelaran berbagai acara meramaikan rangkaian acara selama beberapa hari di Surabaya. Rapat Kerja Nasional, Musyawarah Nasional, workshop, presentasi, pameran produk arsitektural, dan berbagai acara pun melengkai acara Konvensi Arsitek di Indonesia yang kedua ini.

Dalam kegiatan Indonesian Architecture Convention 2 di Surabaya ini para arsitek diundang untuk berpartisipasi dalam pameran karya Arsitek Indonesia. Benang merah yang ingin diangkat dalam pameran ini adalah berkaitan dengan tema besar kegiatan, yaitu “Proposition: A Projection of Architecture Paradigm”.

Dalam proses yang dilakukan, seorang Arsitek sesungguhnya selalu berusaha menawarkan sebuah pemikiran ataupun gagasan. Tindakan “proposing ideas” ini seringkali menjadi kunci keberhasilan sebuah karya, dan tidak jarang yang disodorkan oleh Arsitek tidak hanya terbatas pada lingkup ide rekayasa ruang ataupun gubahan bentuk arsitektural, namun juga sebuah sudut pandang ataupun paradigma. Mulai dari hal kecil dalam lingkup yang dijangkau oleh karyanya sampai dengan hal besar yang mencoba untuk memberi kontribusi dalam keilmuan Arsitektur itu sendiri.

Satu rumah karya Deesignhandmade turut serta dalam pameran tersebut. Rumah A+D yang berada di Kandangsari Sleman, dibangun di atas lahan seluas 132 m² didesain untuk keluarga kecil dengan luas lantai bangunan 127 m² dengan mezanine di ruang atapnya. Dengan memanfaatkan kayu sisa limbah industri untuk ceiling dengan laminasi yang dilakukan oleh tangan para tukang kayu. Pemilihan tekstur, memperhatikan fungsi ruang dan kemudahan perawatan bangunan.

 

Advertisements