2016 12 04 / membuat sendiri komposter untuk sisa rumah tangga

This slideshow requires JavaScript.

hmmm, kali ini saya tidak punya gambar cantik. karena yang mau saya bagi adalah tentang sampah.

sebentar lagi di rumah saya panen pupuk cair dan kompos…dan hari ini si “rakus” dapat makanan buah segar.. si “rakus” begitu saya namakan anggota kluarga saya yg punya tugas jd komposter sampah organik ini.. rakus, karena semua sampah organik dilalap habis..

kalau saja tiap rumah punya komposter sendiri.. tentu akan mengurangi ribuan kilo sampah organik tiap harinya..

ga perlu jadi masalah perkotaan yang skalanya tentu lebih besar, selama bisa kita selesaikan di rumah sendiri2.

caranya sederhana untuk membuat komposter rumah tangga, dengan alat sederhana, dan sistem sederhana. Banyak sampel komposter bisa dibrowsing di internet.. dan versi saya bisa dilihat di slide postingan ini.

Selesaikan masalah sampah dari rumah sendiri!!! Setidaknya mengurangi masalah sampah perkotaan…

Nah, panennya, tinggal buka katup/kran di bagian tangki bawah.. kran mempermudah memanen POC, karena bagian dalam sudah dipisahkan ruang komposternya.. yg cair turun ke bawah, yg padat ditahan saringan pada 1/4 bagian bawah dari volume tanki..